Search

Melihat Kota - Kota di Kaltim (Kota Bontang Sebagai Kota Madya Terkaya di Indonesia)


 
                                            (landscape kota bontang)


Kota Bontang
 adalah sebuah kota di provinsi Kalimantan TimurIndonesia. Kota ini terletak sekitar 120kilometer dari Kota Samarinda, berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Timur di utara dan barat,Kabupaten Kutai Kartanegara di selatan dan Selat Makassar di timur. Letak geografisnya 0.137° LU dan 117.5° BT.

Di kota ini berdiri tiga perusahaan besar di bidang yang berbeda-beda, Badak NGL (gas alam), Pupuk Kalimantan Timur (pupuk dan amoniak) dan Indominco Mandiri (batubara) serta memiliki kawasan industri petrokimia yang bernama Kaltim Industrial Estate. Kota Bontang sendiri merupakan kota yang berorientasikan di bidang industri, jasa serta perdagangan.
                                         (PT Pupuk Kaltim)




                                               (PT Badak NGL)


                                        (PT Indominco Mandiri)
Kota Bontang selain terkenal karena ada tiga perusahaan itu, juga karena adanya keberadaan tim sepak bola, Bontang FC (dulu Bontang PKT) yang bermain di SuperligaMarching Band Bontang PKT binaanPupuk Kalimantan Timur dan Marching Band Eroh Dahana Patra binaan Badak NGL. Sementara itu, studio siaran televisi lokal, LNGTV danPKTV juga terletak di Kota Bontang.
Kota Bontang memiliki dua sekolah besar dan ternama, yaitu VIDATRA yang dibina oleh Badak NGL dan YPK binaan Pupuk Kalimantan Timur. Kantor pengurus Taman Nasional Kutai yang berada di utara Kota Bontang, juga berada di kawasan ini.
                                   (SMA Vidatra kota Bontang)
                     (Yayasan Pupuk Kaltim milik Pt Pupuk Kaltim)
Kota Bontang memiliki bandara yang dinamakan Bandar Udara Bontang.
Semboyan Kota Bontang adalah "Kota TAMAN": "Tertib, Agamais, Mandiri, Aman dan Nyaman".
Beberaoa Objek Wisata kota Bontang
1.CAFE TANJUNG LAUT
ini dia objek wisata terbaru di bontang Cafe Tanjung laut,yang unik dari cafe ini adalah terletak di pinggir laut cafe ini memilliki patung Merlion seperti di Singapore sehingga Cafe ini di juluki merlionnya Bontang,jika kita berkunjung ke Cafe ini pada malam hari kita akan melihat obor obor besar PT Badak NGL 
2.BONTANG KUALA
Di bontang Kuala ini berjejer cafe cafe dan warung,keunikannya adalah terletak di pinggir laut,sangat cocok buat tempat ngumpul anak muda,jika kita kesini pada sore hari,kita dapat meliht sunset
                            (Bontang kuala jika di lihat dari udara)
3.PULAU BERAS BASAH
 Basah, sebuah pulau di wilayah Kota Bontang. Pulau dengan pantai pasir putih ini salah satu tempat rekreasi yang menarik. Sambil menikmati keindahan panorama laut selat Makassar, pengunjung juga dapat berenang atau menghirup udara laut yang sejuk. Perjalanan ke Pulau Beras Basah menggunakan speed boat atau kapal motor dari Pelabuhan Tanjung Laut, Bontang. Sekitar 40 menit perjalanan ke pulau tersebut.
Menurut cerita penduduk setempat, pulau ini disebut Pulau Beras Basah, karena dulunya ada kapal besar yang membawa beras dari Sulawesi. Dalam perjalanannya, kapal ini diterjang ombak besar. Khawatir tenggelam, muatan pun diturunkan di pulau ini. Beras pun menjadi basah. Pulau kecil dengan hamparan pasir putih, kejernihan air lautnya, hingga mercu suar setinggi 15 meter dari permukaan laut menjadi objek fotografi yang mengasyikkan. 


4.TAMAN NASIONAL KUTAI

Taman Nasional Kutai atau biasa disingkat TNK adalah sebuah taman nasional yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur dan sebagian kecil wilayahKota Bontang yang memiliki lahan total seluas 198.629 ha. Kantor atau balai pengeloloa TNK berada di Kota Bontang. Namun seiring masuk tahun 2000-an, wilayah TNK ini mulai dirambah penduduk untuk dijadikan pemukiman dan lahan perkebunan sehingga wilayah TNK yang masih benar-benar asli mungkin jauh dibawah lahan yang seluas 198.629 ha pada akhir tahun 1990-an.


5.DANAU PKT BONTANG


Jika anda ingin berlibur atau sekedar singgah ke Kota Bontang, anda bisa mengunjungi Wisata Danau Permai yang berada di komplek perumahan PT Pupuk Kaltim. Anda bisa menikmati sejuknya suasana taman,disini terdapat arena bermain untuk anak anak dan berbagai makanan cemilan dan kaki lima yang dijual disekitar danau permai ini seperti bakso,mie goreng,nasi goreng,es degan,es tong tong,es dawet,roti bakar,roti bakpaw,jagung bakar,minuman ringan,petolan,gorengan,dll.
Di Danau ini biasanya saat hari hari libur ada hiburan musik dan electone.danau ini juga biasa dipakai untuk outbond anak anak Tk seperti tali titian,jembatan gantung,tali gantung dll.disekitar danau tersebut anda bisa juga sambil menyantap makanan di Rumah Makan Bontang Kuring.
Disini terdapat aneka makanan yang berbahan dasar ikan kolam seperti ikan mas,ikan nila,ikan mujahir,dll. ikan tersebut dimasak ala masakan sunda sehingga sangat cocok apabila anda mengunjunginya bersama keluarga.

1 komentar:

  1. nice post gan jangan lupa kunjungannya di www.club-pemula.blogspot.com ^_^

    BalasHapus

Link Exchange

About IT
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...